Taruna Politeknik Kelautan Dan Perikanan Pangandaran Bisnis Ikan Cupang

ByWorat

Taruna Politeknik Kelautan Dan Perikanan Pangandaran Bisnis Ikan Cupang

Di masa pandemi ini selain tanaman yang juga tidak kalah tren adalah budidaya ikan hias terutama cupang. Harganya juga tidak main-main mulai dari yang murah hanya puluhan ribu rupiah saja per ekor hingga mencapai puluhan juta. Tidak mengherankan kalau kemudian banyak orang yang berminat melakukan usaha budidaya di bidang tersebut karena tergiur keuntungannya.

Usaha bisnis ikan cupang

Setelah muncul gelembung atau telur-telurnya, betina diangkat. “Katakan anaknya 500 ekor. Kita jual per ekornya Rp 500 ribu saja sudah berapa, walaupun nggak semua harga Rp 500 ribu,” ujarnya. Menurutnya, indukan yang baik harganya bisa antara Rp 5 juta hingga Rp 15 juta sepasang.

Jenis ikan cupang yang dibudidayakan Zaenal adalah jenis Giant dan Plakat. Sementara untuk pemasarannya, kata Zaenal, ikan cupangnya dipasarkan melalui offline untuk pembeli yang sengaja datang ke tempatnya, juga melalui on-line bagi yang berlokasi luar kota atau ingin tetap di rumah. Ketua Unit Tunas Mekar Zaenal Abidin, warga Dusun Solokan Jarak Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, merupakan pembudidaya ikan cupang, yang telah berjalan satu tahun. Kelompok Usaha Bersama atau KUBE merupakan wadah bagi para pelaku usaha, yang juga membantu memberikan tempat bagi karyawan maupun warga yang tidak bekerja akibat terdampak Covid-19.

JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan menilai komoditas ikan hias menjadi salah satu andalan Indonesia dalam menopang perekonomian masyarakat. Ia menuturkan bahwa ikan cupang yang ia budidayakan adalah jenis ikan cupang Bogor yang dikombinasikan dengan jenis cupang lain. Dan segmentasi konsumennya lebih besar daripada ikan hias laut. Dimana peminat ikan hias air tawar kecil seperti cupang bisa dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Bagaimana Anda akan bersaing dengan penjual ikan cupang lain. Jadi, selalu buat proyeksi dan element kebutuhan keuangan bisnis. Sebagai langkah awal, Anda bisa mulai berbisnis ikan cupang dengan melakukan pembiakkan di akuarium kecil. Setelah membeli bayi ikan cupang, segera bawa pulang ikan dan letakkan di akuarium segera.

About the author

Worat administrator