Cara Ternak Dan Budidaya Ikan Cupang Hias Lengkap

ByWorat

Cara Ternak Dan Budidaya Ikan Cupang Hias Lengkap

Termometer menjadi hal penting dalam hal ini untuk memantau suhu air. Perlu diketahui Air PAM lebih baik digunakan dibanding air sumur dalam memelihara ikan ini. Namun air ledeng umumnya mengandung klorin sehingga membahayakan.

Omzet yang diraih bisa mencapai puluhan juta tergantung besarnya usaha dan jenis ikan yang dipilih. Demikian ulasan mengenai usaha budidaya ikan cupang yang dapat menjadi hobi yang menghasilkan dan jangan lupa simak juga artikel menarik lainnya tentang jenis usaha ternak yang sangat menguntungkan. Hingga saat ini tercatat ada sekitar 300 jenis ikan hias yang diperdagangkan ke pelosok dunia, termasuk cupang adu. Sayangnya, tidak ada catatan pasti tentang volume ekspor dan nilai jual khusus untuk cupang adu.

“Perbedaan harga ikan cupang itu, dibedakan dengan kondisi perfect atau tidaknya ikan cupang tersebut. Untuk ikan cupang yang perfect itu banyak hal yang perlu diperhatikan. Jadi semakin bagus dan best, harganya bisa lebih tinggi,” ujar dia. Senada, praktisi media sosial sekaligus influencer Deecy Lauw menyebut medsos membuka ruang untuk branding produk UMKM. Dia pun berbagi cerita terkait pemanfaatan akun medsos bagi pelaku usaha.

Usaha bisnis ikan cupang

Saat ini, Arnov dibantu oleh enam orang untuk mengurusi tempat budidaya ikan cupang yang diberi nama Sehidup Secupang miliknya. Kini, ada beragam variasi jenis cupang yang berhasil dibudidayakan. Jenis ikan cupang yang berhasil dikembangkan yaitu halfmoon, serit, plakat, double tail, dan large. Kegigihannya dalam membudidayakan ikan cupang dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan ikan cupang ini telah membuahkan hasil. Arnov menyebut aste yang dimiliki dari usahanya ini mencapai Rp150 juta. Selain untuk menyalurkan hobi, memelihara ikan hias juga mendatangkan peluang usaha yang sangat menutungkan jika Anda memang terampil dalam merawat dan memasarkan ikan hias.

Arnov menyampaikan kualitas ikan cupang itu ditentukan dari warna, bentuk tubuh, dan ekornya. Biasanya yang paling laku itu stable bersih atau warnanya banyak,” jelasnya. Telur-telur cupang yang sudah menetas menjadi burayak , kemudian dibesarkan hingga mencapai ukuran yang diinginkan. Untuk melakukan proses ini, Anda dapat memanfaatkan ember atau bak bekas sebagai wadah pembesaran.

Ikan cupang memiliki daya tarik berupa ekor panjang dengan corak warna yang indah. Kecantikan dan keunikan ikan hias ini membuat orang rela membayar hingga jutaan rupiah. Untuk perhitungan analisa usaha, Anda harus menghitung biaya penyusutannya selama 1 tahun agar nantinya ditemukan hasil analisa usaha ternak ikan hias yang menguntungkan atau merugi. Masih banyak lagi jenis ikan hias tawar yang bisa dibudidayakan, tapi perlu sekali Anda untuk menentukan modal usaha sampai biayanya. Kini banyak orang yang tidak hanya memelihara ikan hias untuk hobi saja, tapi sangat berpeluang untuk mendatangkan pundi-pundi keuntungan. Awalnya Axl ,panggilan akrabnya ini terjun di dunia bisnis ikan hias sejak dua tahun lalu, atau saat Axl masih duduk di bangku SMA.

Dari asumsi di atas, diketahui bahwa Anda dapat mengembalikan modal usaha ini dalam waktu 2,1 bulan. Dia mengaku Pandemi Covid-19 yang membawa dampak bagi banyak sektor termasuk dunia bisnis yang membuat penjualan menurun namun hal itu tidak dirasakan oleh Rizal. Dan biasa ia jual dengan kisaran harga Rp40ribu hingga Rp250ribu per ekornya. “Jangan sekali kali mengecewaakn pelanggan atau pembeli sekecil apapun,” pungkas Sigit membuka sedikit kiat usaha nya yang kini terus mengalami kemajuan. Tetapi, ikan yang didatangkan tak sesuai harapan dan dia merugi hingga Rp3 juta.

Nah, ikan cupang adalah ikan hias yang kini sangat diminati banyak orang. Hal yang membuat orang suka adalah warnanya yang cantik dan indah. Selain itu budidaya ikan cupang ternyata cukup mudah dilakukan, karena tidak memerlukan lahan luas dan biayanya yang murah dengan keuntungan penjualan yang menggiurkan. Dengan adanya kondisi yang demikian, penghasilan Mulyadi per bulan dari usaha budidaya ikan cupang nya itu, Rp 20 juta hingga Rp forty juta.

Ikan Cupang Kachen sendiri banyak diperbincangkan sejak tahun 2016 karena dilelang secara on-line dengan harga yang sangat mahal yaitu US$1.530 atau setara Rp 20 juta. Ikan cupang halfmoon memiliki ekor yang besar dan bentuknya seperti setengah lingkaran mirip dengan bentuk setengah bulan, seperti namanya halfmoon. Jenis ikan cupang yang satu ini dikembangbiakkan di penangkaran secara ketat, ikan jenis ini tidak bisa ditemukan di alam liar.

About the author

Worat administrator