Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Ikan Cupang Betta Splendens Pada Usaha Bapak A Arifin Di Jakarta Pusat

ByWorat

Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Ikan Cupang Betta Splendens Pada Usaha Bapak A Arifin Di Jakarta Pusat

Berbeda dengan ikan jenis lainnya yang pengemasannya cukup merepotkan agar ikan tak sampai mati, pengiriman‎ ikan cupang cukup membutuhkan plastik, styrofoam dan kardus pembungkus. Tiap ruangan di rumah itu penuh oleh ember dan stoples plastik berbagai ukuran serta rak akuarium ‎berisi ikan cupang berbagai jenis yang sedang dibudiyakan maupun siap jual. Menurut Yudya, selama pandemi, peminat ikan cupang ‎bertambah banyak. Tidak hanya kalangan biasa, artis-artis pun banyak yang mulai menggemari ikan hias itu. Tak hanya itu, kamu juga bisa mulai bergabung ke perkumpulan pecinta ikan hias dan menjalin relasi sebanyak-banyaknya. Dengan menjalin hubungan yang baik yang disertai dengan komunikasi yang intens, dapat dipastikan bahwa bisnis kamu secara perlahan bisa berkembang.

Dengan berbagai keuntungan yang bisa didapat dari hobi mengoleksi ikan hias ini tentu saja menmanfaatkannya sebagai peluang usaha baru di musim pandemi seperti ini adalah keputusan yang cerdas. Pilihan bisnis modal murah yang bisa bersemi dimusim pandemi itu banyak, mulai dari makanan, on-line, kurir sampai ikan hias. Yep kamu tidak salah baca, ikan hias ternyata merupakan salah satu bisnis modal minim yang bersemi di kala pandemi. Dalam budidaya ikan cupang, Anda harus mengelola budidaya secara efisien.

Dalam waktu satu hari telur-telur sudah akan menjadi burayak hingga selama 3 hari ke depan tidak perlu diberikan pakan sebab masih memiliki nutrisi alami yang terbawa dalam telur. Ikan cupang jantan sendiri juga tidak akan makan selama menjaga burayak tersebut. Ikan cupang big ear ini merupakan jenis cupang persilangan dengan warna dominan orange dan kuning serta warna putih pada area sirip dan ekornya. Makanannya sendiri diantaranya Jentik nyamuk, Cacing sutra, Cacing Darah dan Kuning Telur. Merupakan persilangan dari berbagai jenis cupang dan memiliki ukuran yang lebih besar dibanding banyak ikan cupang pada umumnya.

Usaha bisnis ikan cupang

Fokusnya terletak pada peningkatan produktivitas dan kualitas ikan yang dihasilkan, sehingga dapat memenuhi permintaan dalam negeri maupun ekspor. Di Indonesia, sebut dia, terdapat beberapa sentra pengembangan ikan cupang di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Kenaikan harga ini, lanjutnya, terjadi lantaran meningkatnya permintaan dan berkurangnya pasokan cupang. Ammar menyatakan mayoritas pelanggannya berasal dari pedagang ikan hias yang membeli secara grosiran dengan harga Rp15-25 ribu per 10 ekor.

Untuk menjalankan usaha ini, belajarlah dari berbagai bisnis dropshipper dari e-commerce besar di Indonesia. Bisnisnya pun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lho, Moms. Selain bisa digunakan untuk kutu air, juga bisa kita gunakan untuk menyaring artemia nintinya serta pemindahan induk. “Itu juga hanya ke penghobinya saja, jadi permintaannya tidak banyak. Tergantung permintaan dan ketersediaan barang juga,” bebernya. Indukan jantan akan memunguti telur yang sudah dibuaho dengan mulutnya dan meletakkannya di gelembung-gelembung yang sudah dibuat sebelumnya.

About the author

Worat administrator